Pengertian, Fungsi, dan Rekomendasi Shortlink Untuk Memperpendek Link Kamu

Pengertian, Fungsi, dan Rekomendasi Shortlink Untuk Memperpendek Link Kamu
Informasi
Apa itu Shortlink? Keuntungan dan contoh shortlink
Hai teman-teman, balik lagi bareng gw. Pada artikel kali ini gw bakal bahas tentang Shortlink. Di dunia yang sudah semakin digital dengan segala kegiatan berlangsung di internet, maka berbagi link/url adalah hal yang lumrah kita lakukan. Nah, kalo url/link yang akan kita bagikan panjang, tentu akan mempersulit untuk membagikannya. Untuk itu kita bisa menggunakan shortlink, pemendek url. Yuk langsung ke artikelnya!


Apa Itu Shortlink? Dan apa fungsinya?

Shortlink adalah sebuah tools atau alat yang digunakan untuk memperpendek link atau url kamu. Kita semua tau bahwa di dunia digital dan internet ini, semua memiliki website. Semua memiliki laman internet mereka sendiri, nah biasanya laman tersebut memiliki url atau link yang panjang. Contohnya :
https://blogadityajanuardi.blogspot.com/2020/05/cara-mencari-judul-lagu-dengan-shazam-dan-google-assistant.html

Bisa dilihat dari url/link diatas, panjang banget kan? Nah kalau kamu mau membagikan link tersebut, biasanya kamu tinggal copy paste semua link tersebut. Namun bagaimana jika ada kondisi dimana kamu tidak bisa melakukan copy paste tersebut?

Contohnya adalah ketika kamu membuat sebuah poster/banner yang berisi url dari website kamu. Biasanya kalau url tersebut terlalu panjang, maka orang-orang jadi males ngetik atau mencari link tersebut. Nah disinilah peran dari shortlink itu sendiri, memudahkan pengguna untuk mencari link yang kita berikan.
Meskipun ada cara lain seperti memberikan barcode pada poster/banner tersebut. Untuk cara membuat barcode sederhana bisa klik link di bawah.
Membuat Barcode Simpel tanpa Software

Nah dengan shortlink, url/link panjang tadi bisa kita ubah menjadi beberapa kata saja dan tentu lebih mudah dicari dan diingat. Contoh saja dari link :
https://blogadityajanuardi.blogspot.com/2020/05/cara-mencari-judul-lagu-dengan-shazam-dan-google-assistant.html

Bisa dirubah menjadi :
bit.ly/haiaditya
Jauh lebih singkat dan mudah diingat bukan? Itulah fungsi dari shortlink.


Keuntungan memakai shortlink

  1. Link dan url jadi lebih mudah diingat dan dicari
  2. Karena link menjadi lebih pendek, tentu akan gampang bagi orang lain untuk mengetik dan mencari link tersebut. Selain itu ada beberapa shortlink yang bisa di custom sesuai keinginan, dan itu akan membuat shortlink yang kita buat sesuai dengan konten artikel yang kita bagikan.

  3. Memudahkan membagikan konten karena link menjadi lebih pendek dan mudah diingat
  4. Ketika kita ingin membagikan tautan link artikel atau website kita, kadang kita harus bisa salah ketik jika url tersebut terlalu panjang. Nah sama seperti poin 1 diatas, karena shortlink membuat link menjadi lebih pendek, itu akan meminimalisir kesalahan ketik link.

Kelemahan memakai shortlink

  1. Kadang pengguna menjadi tidak yakin dan curiga dengan link yang diberikan.
  2. Ini terjadi karena seringkali orang menggunakan shortlink untuk membuat prank atau info palsu seperti di WhatsApp grup, kadang ada yang menyebarkan link dengan shortlink yang meyakinkan namun ternyata isinya palsu.

Contoh-contoh shortlink

  1. Bitly
  2. Bitly merupakan salah satu situs penyedia shortlink yang sangat terkenal sekarang, gw pun menggunakan situs shortlink ini. Dengan menggunakan bitly, kamu bisa memendekkan url mu dan bahkan memilih url yang sesuai dengan kebutuhanmu agar terlihat lebih meyakinkan. Kamu bisa menggunakan bitly secara free tanpa harus sign up, namun untuk membuka fitur dashboard yang berisi analisis rangkuman link-link kamu, maka kamu wajib memiliki akun. Untuk cara penggunaannya kalian bisa klik Cara Membuat Shortlink Custom Backhalf Dengan Bitly.

  3. Tinyurl
  4. Tinyurl adalah situs shortlink yang sudah ada sejak tahun 2002, dan populer juga di Indonesia. Secara basic, dia mirip seperti bitly. Situs ini juga gratis dan dapat digunakan tanpa harus memiliki akun. Untuk cara penggunaannya kamu bisa di Cara Memperpendek URL/Link Dengan TinyURL.


Itu tadi penjelasan mengenai shortlink atau pemendek url. Kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Jangan lupa tinggalkan like, komentar dan share ke teman-teman kamu jika berkenan. Thanks!
Images source : Freepik
DMCA.com Protection Status