Paradoks dan Paralel Universe pada Perjalanan Waktu

Paradoks dan Paralel Universe pada Perjalanan Waktu
Informasi

Halo temen-temen, pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentang paradoks pada perjalanan waktu. Mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah tau, pernah mendengar atau familiar dengan Paradoks. Paradoks adalah hal yang bisa dibilang sangat identik dengan perjalanan waktu atau time travel.

Pengertian Paradoks

Paradoks pada perjalanan waktu adalah sebuah kejadian yang terjadi dengan syarat bahwa perjalanan waktu itu sudah bisa dilakukan. Nah, dalam kejadian tersebut terdapat suatu tindakan, yang mana tindakan tersebut sebenarnya tidak bisa dilakukan atau, tindakan tersebut dapat menimbulkan kejanggalan dan pertanyaan tanpa jawaban yang berulang.

Contoh Paradoks

Biar lebih jelas dan kalian bisa paham apa itu paradoks pada perjalanan waktu, gw akan berikan beberapa contoh tentang paradoks ini.

  1. Grand Father Paradoks
  2. Salah satu paradoks perjalanan waktu yang terkenal adalah Grandfather Paradox. Simpelnya, paradoks ini berisi tentang seseorang yang melakukan perjalanan waktu, kembali kemasa lalu dan bertemu kakeknya ketika kakeknya masih muda. Kemudian dia membunuh kakeknya tersebut.

    Kejadian ini seharusnya tidak bisa dan tidak pernah terjadi, penjelasannya adalah : ketika orang tersebut membunuh kakeknya sendiri, maka ayah atau ibu orang tersebut tidak pernah terlahir. Dan jika ibu atau ayah orang tersebut tidak pernah terlahir maka orang tersebut seharusnya tidak pernah terlahir. Jika orang tersebut tidak pernah terlahir, maka siapa yang kembali ke masa lalu untuk membunuh kakeknya tersebut?

  3. Butterfly Effect Paradoks
  4. Sebenarnya paradoks ini memiliki banyak nama, yaitu information paradoks, bootstarp paradoks, dan butterfly effect paradoks. Jadi, paradoks ini menceritakan pemberian informasi tentang apa yang akan dilakukan seseorang di masa mendatang ke orang tersebut. Oke agak ribet bahasanya, kita coba langsung ke contoh ceritanya aja.

    Anda adalah seorang penyuka ide-ide yang dikemukakan oleh Albert Einstein. Anda kemudian ingin bertemu dengan Albert Einstein namun hal tersebut mustahil, karena Albert Einstein sudah meninggal. Maka anda menggunakan mesin waktu, kembali ke masa lalu ketika Albert Einstein belum menemukan teori teori tersebut, kemudian anda menceritakan dasar-dasar atau sebagian dari teori tersebut kepada Einstein muda. Kemudian Einstein merasa bahwa teori tersebut menarik dan ia pun mencoba mengecek, hingga ia membuat sebuah buku mengenai teori tesebut. Dan buku tersebut yang anda baca pada masa sekarang.

    Pertanyaannya adalah, darimana sumber teori tersebut? Jika anda tidak membaca buku tentang teori dari Albert Einstein maka anda tidak akan tau teori tersebut. Albert Einstein membuat teori tersebut berdasarkan dasar-dasar dan cerita yang anda berikan ketika anda pergi ke masa lalu. Tapi anda mengetahui dasar dasar teori tersebut karena membaca buku yang telah Einstein buat.

Berdasarkan cerita cerita tadi, paradoks secara logika tidak memiliki jawaban yang pasti karena kejanggalan yang terjadi akibat perjalanan waktu itu sendiri. Tapi, bagaimana jika ternyata ada jawaban yang menjelaskan jawaban dari cerita cerita diatas?

Teori Paralel Universe

Teori paralel universe menjelaskan bahwa, terdapat banyak dunia yang berdampingan dengan dunia yang kita tinggali sekarang. Terdapat banyak cabang dunia yang ada di alam semesta. Dunia tersebut bisa saja sama persis, mirip, atau berbeda dengan dunia yang kita ketahui.

Contohnya saja misalkan di dunia ini gw, Januardi pergi kekota A dan selamat sampai tujuan. Bisa saja di dunia parallel 1 gw pergi ke kota A namun terhambat ditengah jalan. Atau mungkin di dunia parallel 2 gw tidak pernah memiliki niatan untuk pergi ke kota A. Hal ini secara teori dapat menjawab beberapa paradoks yang gw ceritakan tadi.

Jadi dengan teori parallel universe, kita kembali ke masalalu bukan untuk mengubah sejarah, melainkan untuk membuat sejarah baru. Contohnya saja pada grandfather paradoks, ketika gw kembali ke masa lalu dan membunuh kakek gw sendiri, gw memang membunuh kakek gw sendiri di dunia tersebut, dan hal itu akan membuat gw, Januardi di dunia tersebut tidak pernah lahir. Tapi gw Januardi yang bukan berasal dari dunia tersebut tidak akan mengalami akibat dari tindakan tersebut.

Sekian artikel gw mengenai paradoks pada perjalanan waktu, mungkin di lain kali gw bakal coba menjelaskan tentang paralel universe dan cerita-cerita mengenai paradoks yang lain. Jangan lupa tingalkan like dan komentar, share jika berkenan. Thanks!
DMCA.com Protection Status